Tidak sedikit orang yang mempertanyakan tentang organic traffic vs paid traffic.

Terutama bagi yang baru terjun ke dunia website dan ingin mengoptimalkan situs mereka. Manakah yang lebih baik, apakah organic traffic atau paid traffic.

Kedua jenis traffic ini tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Jadi, sebelum memulai pengerjjaan SEO untuk website Anda, ada baiknya untuk memahami dengan baik organic traffic serta paid traffic.

Dengan demikian, segalanya bisa menjadi lebih optimal dan tepat sasaran.

Kelebihan dan Kekurangan Organic Traffic

Organic traffic dengan SEO

Organic traffic biasanya digunakan untuk menjelaskan sebuah kunjungan menuju halaman website lewat hasil pencaran organik bukan dengan menggunakan iklan berbayar.

Misalnya, dengan mengoptimalkan SEO. Jadi, dapat dikatakan bahwa organic traffic merupakan traffic yang datang dengan sendirinya.

Anda hanya perlu mengoptimalkan SEO agar mendatangkan banyak pengunjung halaman website tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan organic traffic vs paid traffic, maka sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan organic traffic berikut.

1. Kelebihan Organic Traffic

Beberapa kelebihan yang bisa diberikan oleh organic traffic tentu bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Beberapa kelebihan dari traffic ini tentu bisa memberikan keuntungan bagi Anda. Namun, tidak jarang pula akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda.

  • Traffic yang didatangkan oleh organic traffic bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis traffic yang berbayar. Jadi, dapat dikatakan bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya jika memilih organic traffic. Bahkan tidak jarang yang 0 rupiah alias benar-benar gratis.
  • Membuat Anda lebih kreatif. Sebab, jenis traffic ini Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Hanya saja Anda lebih berfokus kepada tenaga kerja dan waktu agar bisa mencapai traffic yang sudah ditargetkan sebelumnya. Kerja keras dan berpikir kreatif penting saat memilih organic traffic.

2. Kekurangan Organic Traffic

Bukan hanya melihat kelebihannya saja, akan tetapi sebelum memutuskan untuk menggunakan organic traffic, sebaiknya Anda juga memahami apa saja kekurangan organic traffic.

Beberapa kekurangan dari organic traffic, diantaranya:

  • Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan organic traffic, maka bersiaplah untuk menunggu. Sebab, sangatlah lama untuk bisa mencapai target traffic yang diinginkan. Terkadang bisa satu bulan, dua bulan hingga 1 tahun.
  • Terkadang traffic yang diperoleh tidak sesuai harapan. Karena itulah, selain membutuhkan ilmu dan pengetahuan tentang SEO, Anda juga membutuhkan kesabaran apabila harus menunggu waktu lama ditambah lagi terkadang hasil yang diperoleh tidak sesuai realita.

Baca juga: 10 Cara Mempercepat Loading Website Pasti Berhasil

Kelebihan dan Kekurangan Paid Traffic

Paid traffic dengan Google Ads

Paid traffic merupakan jenis traffic yang menjadi lawan dari organic traffic.

Ini merupakan jenis traffic yang bisa didapatkan dengan cara membayar nominal tertentu kepada pihak kedua maupun ketiga demi bisa membawa traffic yang mereka miliki pada halaman website Anda.

Sama halnya seperti organic traffic, untuk menjawab mana yang lebih baik dari organic traffic vs paid traffic, maka sebaiknya Anda coba memahami apa saja kelebihan dan kekurangan paid traffic.

Beberapa diantaranya ialah:

1. Kelebihan Paid Traffic

Sejalan dengan organic traffic, paid traffic juga mempunyai beberapa kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih.

Beberapa kelebihan tersebut dapat menjadi tolak ukur Anda sebelum memutuskan pilihan.

  • Paid traffic mampu menjangkau pelanggan dengan lebih cepat apabila dibandingkan dengan organic traffic. Untuk bisnis, tentu hal ini akan sangat menguntungkan. Kemudahan jangkauan ini bisa memaksimalkan profit bisnis kedepannya nanti.
  • Selain itu, paid traffic juga bisa memberikan keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan ekspektasi Anda. Tentunya hal ini bisa terwujud dengan mudah jika Anda mampu menerapkan paid traffic dengan benar. Jadi, penting sekali menggunakan strategi yang matang.

2. Kekurangan Paid Traffic

Bukan hanya kelebihan saja yang perlu disoroti. Akan tetapi, Anda juga perlu menyoroti kekurangan paid traffic sebelum memilihnya atau organic traffic.

Beberapa kekurangan dari paid traffic bisa dilihat seperti berikut.

  • Saat hendak menggunakan paid traffic, maka Anda harus melakukan testing terlebih dahulu. Testing ini dilakukan sampai Anda bisa menemukan target market yang tepat. Karena itu Anda juga perlu sedikit bersabar saat menggunakan paid traffic sebab tidak ada yang instan.
  • Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan paid traffic memang membutuhkan banyak uang. Persis seperti namanya. Jadi, sebaiknya sebelum menggunakan paid traffic Anda mesti menyiapkan cukup biaya terlebih dahulu.
  • Terkadang paid traffic bisa menghabiskan banyak uang. Jadi, tidak bisa langsung sekali bayar Anda akan mendapatkan banyak traffic. Karena itulah sangat disarankan untuk menyiapkan dana lebih agar bisa menyiasati hal ini jika sewaktu-waktu terjadi.

Manakah yang ingin Anda pilih diantara organic traffic vs paid traffic?

Apapun pilihan Anda sebaiknya perhatikan terlebih dahulu apa saja yang menjadi kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing jenis traffic tersebut.

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, apakah untuk website personal atau bisnis.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *