Saat ini, sosial media marketing menjadi salah satu strategi baru dalam meningkatkan pendapatan sebuah bisnis.
Dengan berkembangnya teknologi, saat ini sosial media tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, namun juga dapat digunakan sebagai salah satu strategi marketing
Pemasaran melalui sosial media ini tentunya lebih efektif dibandingkan cara tradisional yang membutuhkan waktu dan modal yang cukup besar.
Selain itu, pemasaran melalui sosial media ini efektif untuk meningkatkan konsumen karena fokus dengan target yang dituju.
Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai sosial media marketing.
Pengertian Sosial Media Marketing
Sosial media marketing adalah salah satu strategi pemasaran sebuah produk untuk meningkatkan pendapatan atau mengenalkan brand dari sebuah bisnis yang dilakukan melalui sosial media.
Secara sederhana, strategi ini adalah sebuah iklan yang dipromosikan menggunakan akun sosial media. Banyak platform sosial media yang sudah menyediakan fitur untuk menyelipkan iklan di dalamnya, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
Hingga saat ini, platform yang paling efektif untuk mempromosikan sebuah produk atau brand adalah Facebook dan Instagram.
Namun dalam penggunaannya, pemasaran melalui sosial media dapat disesuaikan dengan target pemasaran bisnis Anda.
Maka dari itu, Anda juga sebelumnya harus melakukan riset agar strategi pemasaran melalui sosial media ini dapat sesuai target pemasaran.
Baca juga: Cara Membuat Website Gratis Terbaru 2021
Contoh Sosial Media Marketing
Dengan banyaknya sosial media saat ini, contoh penggunaan marketing strategi yang satu ini pun juga semakin banyak.
Masing-masing sosial media dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi dengan berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa contoh dalam menggunakan strategi pemasaran via sosial media:
- Iklan gambar Instagram
- Ads video Instagram
- Iklan video YouTube
- Ads gambar Facebook
- Iklan video Facebook
- Ads gambar Twitter
- Iklan video Twitter
Tips Sosial Media Marketing
Nah berikut ini adalah beberapa tips sosial media marketing terbaik untuk Anda.
Mempelajari Target Konsumen
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebelum melakukan strategi pemasaran melalui sosial media, Anda harus melakukan riset terhadap target konsumen yang dituju.
Anda dapat mencari masalah yang terjadi di konsumen dan membuat solusinya dengan produk yang ditawarkan.
Anda pun juga perlu melakukan segmentasi target konsumen agar nantinya konten iklan yang dibuat tepat sasaran dan efektif.
Jika konten iklan yang ditawarkan sesuai dengan dengan target pemasaran, tentunya engagement yang akan didapat juga semakin besar.
Baca juga: Belajar SEO Tercepat & Terbaik 2021!
Menentukan Platform Sosial Media
Dalam mempersiapkan strategi pemasaran sosial media, penting bagi Anda juga menentukan platform sosial media yang nantinya akan digunakan.
Anda dapat menyesuaikan jenis bisnis dengan target yang dituju agar dapat lebih mudah menentukan platform sosial media yang akan digunakan.
Hal ini dikarenakan masing-masing media sosial memiliki pengguna dengan rentang umur yang berbeda-beda.
Menciptakan Konten yang Menarik
Tentunya sebuah konten yang menarik juga akan membuat daya tarik dari orang yang melihat menjadi lebih tinggi.
Hal ini dapat dimanfaatkan juga untuk mempromosikan produk atau brand dari bisnis Anda dengan membuat sebuah konten yang keren.
Konten yang menarik akan membuat calon konsumen tidak ragu untuk menekan tombol “Follow” pada sosial media Anda.
Anda dapat memanfaatkan beberapa fitur unik yang terdapat di masing-masing sosial media untuk membuat sebuah konten yang menarik.
Manfaat Sosial Media Marketing
Nah berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisnis Anda bisa dapatkan dari social media marketing:
Meningkatkan Brand Awareness
Strategi online marketing dengan sosial media adalah cara yang tepat untuk meningkatkan brand awareness.
Dengan pengguna sosial media di dunia yang sudah mencapai 3.8 miliar, tentunya strategi ini harus Anda coba gunakan.
Anda dapat konsisten untuk memposting konten-konten yang mempromosikan produk atau brand bisnis Anda.
Jika tetap konsisten, bisnis Anda akan mudah dikenali oleh orang banyak dan tentunya akan berpengaruh ke engagement yang didapat nantinya.
Membangun Hubungan dengan Konsumen
Tidak hanya dapat meningkatkan engagement dari konsumen, strategi sosial media marketing ini pun juga berfungsi untuk membangun hubungan dengan konsumen.
Dengan adanya sosial media, Anda sebagai pengelola bisnis juga akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan konsumen.
Anda bisa berinteraksi dengan konsumen melalui kolom komentar pada konten iklan atau direct message di sosial media.
Cara ini pun akan membangan kepercayaan konsumen terhadap produk atau brand yang Anda miliki.
Dapat Mempelajari Kompetitor
Pemasaran menggunakan sosial media ini pun berfungsi untuk mempelajari strategi kompetitor dalam pemasaran produknya.
Melalui media sosial ini, Anda dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari strategi kompetitif dalam memasarkan produknya, untuk menjadi pengembangan dari produk yang Anda miliki.
Social media marketing menjadi salah satu strategi yang wajib diterapkan agar pendapatan pada bisnis Anda lebih meningkat. Selain tidak memerlukan modal yang terlalu besar, strategi ini sangat efektif untuk menjangkau target yang dituju.