Bagi Anda yang memiliki sebuah brand atau bisnis dan ingin menerapkan strategi digital marketing, tentunya harus belajar SEO.
Dengan belajar SEO, website yang Anda miliki dapat muncul di halaman teratas pada hasil pencarian.
Website yang muncul di halaman teratas hasil pencarian tentunya akan membuat traffic website menjadi lebih tinggi.
Traffic yang tinggi otomatis juga akan membuat engagement dari brand atau produk yang terdapat di website tersebut semakin lebih tinggi.
Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai SEO.
Pengertian SEO
Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO adalah sebuah strategi agar website tampil di halaman teratas pada hasil pencarian.
Dengan tampil di halaman teratas hasil pencarian, tentunya traffic website akan menjadi lebih meningkat.
Tidak hanya itu saja, SEO pun berfungsi untuk membantu dalam mendapatkan target pengunjung yang tepat.
Jadi dengan menggunakan strategi SEO ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan traffic yang tinggi, namun juga mendapatkan traffic yang sesuai dengan target website Anda.
Untuk menerapkan strategi SEO dan mendapatkan traffic yang tinggi, Anda dapat mengikuti beberapa aturan yang sudah ditetapkan oleh Google.
Baca Juga: 3 Rekomendasi Website Builder Terbaik untuk SEO
Komponen SEO
Jadi apa saja sih komponen SEO yang harus Anda perhatikan? Berikut adalah beberapa komponen terpenting dalam SEO.
Kualitas Konten
Dalam belajar SEO, tentunya komponen penting yang harus menjadi perhatian adalah kualitas konten. Konten yang baik akan berpengaruh ke peningkatan traffic yang baik bagi sebuah website.
Untuk meningkatkan kualitas konten, Anda dapat menggunakan strategi email marketing atau mempelajari strategi copywriting yang dapat mengarahkan pengunjung ke artikel yang telah Anda buat.
Tautan
Jika Anda mendapatkan tautan dari situs yang reputasinya baik, hal ini juga akan membantu untuk meningkatkan traffic. Hal ini pun juga menjadi salah satu komponen SEO yang direkomendasikan oleh mesin pencari Google.
Sebaliknya, jika situs yang Anda kelola mendapatkan tautan dari situs yang reputasinya kurang baik, maka juga akan mempengaruhi peringkat dari situs Anda. Hal ini lebih dikenal dengan istilah negative-SEO.
Penggunaan HTTPS
Salah satu komponen SEO yang bisa meningkatkan peringkat situs Anda di halaman teratas mesin pencari adalah penggunaan HTTPS.
Situs yang menggunakan HTTPS memiliki performa yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan situs yang tidak menggunakannya.
Mobile Friendly
Sebuah situs yang mampu muncul di peringkat teratas pada halaman mesin pencari rata-rata juga dapat digunakan dengan mudah melalui perangkat smartphone.
Hal ini dikarenakan banyak orang yang saat ini lebih nyaman menggunakan perangkat smartphone ketika membuka mesin pencari.
Baca Juga: Cara Mudah Cek Kecepatan Website Plus Trik Jitu Optimasinya
On-Page dan Off-Page SEO
SEO juga biasanya dibagi menjadi dua bagian, on-page dan off-page SEO. Berikut adalah rekap singkat tentang keduanya:
SEO On-Page
SEO On-Page adalah beberapa langkah untuk mengoptimasi SEO yang terdapat di dalam situs Anda, seperti permalink, penggunaan heading, kecepatan website, judul koten, dan internal linking.
Secara singkat, SEO On-Page sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas konten yang tujuannya untuk memudahkan pembaca dari sebuah situs.
SEO Off-Page
Berbeda halnya dengan SEO On-Page, SEO Off-Page adalah langkah untuk mengoptimasi SEO yang dilakukan di luar situs.
SEO Off-Page mengharuskan Anda untuk mengoptimasi beberapa faktor eksternal, seperti inbound link/backlink atau share di media sosial.
Tips Optimasi SEO
Berikut adalah beberapa tips optimasi SEO yang bisa Anda coba:
Menggunakan Permalink Sederhana
Dengan menggunakan permalink sederhana, Google sebagai mesin pencari akan mudah untuk mengenali topik yang Anda bahas.
Di dalam permalink Anda dapat menyisipkan focus keyword yang ingin ditargetkan saja.
Membuat Judul Konten yang Menarik
Dalam belajar SEO, penting bagi Anda untuk membuat sebuah judul konten yang menarik. Hal ini karena setiap orang yang mencari di Google, tentu akan melihat judul dan deskripsi yang terdapat dari hasil pencarian.
Anda dapat menambahkan angka atau kata sifat yang dapat meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk mengunjungi situs Anda.
Menambahkan Gambar atau Video
Adanya gambar atau video di dalam artikel juga akan membuat situs Anda menjadi lebih nyaman untuk dibaca.
Dengan adanya gambar atau video di dalam artikel, tentunya pengunjung tidak akan cepat merasa bosan ketika membaca artikel Anda.
SEO Tools Terbaik
Nah untuk membantu Anda belajar SEO dengan lebih baik dan mudah, berikut adalah daftar SEO tools terbaik yang bisa Anda coba!
Google Keyword Planner
Tool Google Keyword Planner merupakan salah satu dari layanan Google. Tool ini dapat Anda gunakan untuk mencari dan menganalisis keyword yang tepat untuk sebuah iklan.
Google Keyword Planner juga dapat digunakan dengan gratis, jadi cocok digunakan bagi Anda yang baru merintis.
Ubersuggest
Salah satu SEO tools gratis yang juga dapat coba Anda gunakan yaitu Ubersuggest. Ubersuggest memiliki berbagai macam fitur untuk mengoptimasi SEO, mulai dari overview performa domain, rekomendasi keywords, hingga data backlink.
Keywordtool.io
Jika Anda ingin menggunakan long tail keyword di dalam SEO, menggunakan SEO tools Keywordtool.io adalah pilihan yang tepat.
SEO tools ini dapat membantu Anda untuk mencari keyword yang cukup panjang namun tetap dapat menaikan traffic dari SEO.
Dengan belajar SEO, Anda dapat meningkatkan traffic pada situs yang tentunya juga akan meningkatkan engagement dari brand atau produk di dalam situs tersebut.
Hal ini tentunya sangat penting dipelajari, terlebih untuk situs atau brand yang sedang merintis usahanya.
Nah untuk belajar SEO, tentunya Anda membutuhkan sebuah website dan layanan web hosting terbaik.
Sebagai rekomendasi, Qwords.com mempunyai layanan web hosting murah yang cukup baik untuk membuat sebuah website.