Instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak memiliki pengguna di seluruh dunia.

Hal ini yang menyebabkan Instagram tidak hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi saja, namun juga sebagai salah satu media iklan.

Ingin tahu bagaimana cara pasang iklan instagram? Yuk baca panduan lengkap di bawah ini!

Mengapa Harus Iklan di Instagram?

cara iklan di instagram

Instagram marketing memang terbukti efektif untuk meningkatkan engagement dari sebuah produk atau brand.

Hal ini pun tidak terlepas dari fitur yang terdapat di Instagram Ads yang banyak membantu meningkatkan exposure dan traffic website.

Instagram Ads ini sangat cocok digunakan bagi pemula yang tentunya butuh traffic tinggi di dalam brandnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat mengenai cara iklan di Instagram.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Kecepatan Website Plus Trik Jitu Optimasinya

Panduan Lengkap Pasang Iklan di Instagram

Perlu diketahui, untuk membuat iklan di Instagram, Anda terlebih dahulu perlu membuat akun Facebook.

Dari beberapa cara membuat iklan Instagram, cara yang paling banyak digunakan adalah dengan melalui Facebook Ads Manager. 

Hal ini dikarenakan Facebook Ads Manager memungkinkan Anda untuk membuat iklan dengan cara yang sederhana dan efektif akan meningkatkan exposure.

Instagram Ads

Instagram Ads adalah sebuah platform yang tersedia di aplikasi Instagram dan berfungsi untuk menampilkan iklan baik di feed maupun di stories.

Bagi Anda yang sudah memahami cara membuat iklan dengan Facebook Ads, tentunya tidak akan kesulitan untuk membuat iklan di platform Instagram.

Namun untuk Anda yang belum pernah membuat iklan Facebook Ads, berikut  langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

1. Membuka Facebook Ads Manager

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuka halaman Facebook Ads Manager.

Setelah itu, login dengan akun Facebook dari akun yang Anda kelola tersebut.

2. Memilih Pembuatan Iklan Terpandu

Langkah selanjutnya yaitu dengan membuka menu Kampanye lalu klik opsi Buat Iklan.

Setelah itu, Facebook akan memberikan 2 opsi, yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat.

Untuk lebih spesifik, Anda dapat memilih opsi Pembuatan Iklan Terpandu.

3. Menentukan Tujuan Iklan

Setelah itu Anda dapat menentukan tujuan iklan yang nantinya ingin dicapai.

Facebook Ads Manager sendiri telah menyediakan 3 kategori berbeda yang dapat Anda pilih yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

Agar lebih mudah dalam mengevaluasi produk atau saja yang akan diiklankan nantinya, Anda dapat memilih tujuan lalu lintas/trafik yang terdapat di kategori Pertimbangan.

4. Memilih Jenis Iklan

Setelah memilih tujuan iklan, langkah selanjutnya yaitu dengan memilih jenis iklan. Terdapat 2 jenis opsi iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran.

Anda dapat menggunakan salah satu atau menggunakan 2 jenis iklan tersebut secara bersamaan.

5. Menulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Langkah selanjutnya Anda dapat menuliskan nama iklan yang nantinya akan ditampilkan di Instagram.

Anda juga dapat memilih tujuan trafik iklan tersebut untuk dapat diarahkan langsung ke website, aplikasi, atau Whatsapp.

6. Menentukan Target Audience

Nantinya akan terdapat form yang dapat Anda isi untuk menentukan target audience yang dituju.

Anda dapat menentukan target audience sesuai dengan jenis produk atau jasa yang akan ditawarkan nantinya.

7. Menentukan Penempatan Iklan

Setelah itu Anda dapat memilih menempatkan iklan di platform apa. Jika Anda memilih opsi penempatan otomatis, nanti iklan akan tampil di Facebook, Instagram, dan semua aplikasi yang berada di bawah Facebook.

8. Menentukan Jadwal Iklan

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan jadwal iklan. Anda dapat memilih jam dan tanggal mulai hingga selesai iklan tersebut.

9. Menghubungkan dengan Akun Instagram

Setelah itu, Anda bisa menambahkan akun Instagram yang ingin dihubungkan ke halaman Facebook. 

10. Memilih Format Iklan

Terdapat 5 format iklan yang dapat Anda pilih, yaitu

  • Karosel.
  • Gambar Tunggal.
  • Video Tunggal.
  • Tayangan Slide.
  • Koleksi.

11. Membuat Teks

Setelah memilih format iklan, Anda dapat memuat teks agar audiens yang melihat iklan tersebut paham dan tertarik.

12. Memilih Gambar, Tulis Judul dan Memasukan Tautan

Anda dapat memilih gambar yang tentunya harus sesuai dengan deskripsi yang sudah dibuat sebelumnya.

Anda juga dapat menambahkan tautan agar audiens dapat langsung menuju ke halaman tautan tersebut.

13. Melakukan Pembayaran

Langkah terakhir adalah dengan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

Manfaat Iklan di Instagram

Berikut adalah beberapa manfaat melakukan Iklan Instagram:

Meningkatkan Brand Awareness

Dengan adanya iklan di platform Instagram, produk atau brand Anda akan menciptakan kepercayaan bagi audience yang melihatnya.

Kepercayaan yang terbentuk itu pun nantinya akan membuat audience tertarik untuk melihat atau bahkan mencoba menggunakan brand Anda.

Mendapatkan Informasi Pengguna Instagram

Membuat iklan di Instagram juga akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi detail dari pengguna Instagram, seperti usia, lokasi, hingga jenis kelamin.

Dapat Mengarahkan Pengunjung ke Website

Iklan yang terdapat di Instagram juga dapat meningkatkan traffic jika Anda memiliki sebuah website.

Selain berpengaruh kepada pendapatan, traffic dari iklan yang ada di Instagram juga dapat dimanfaatkan untuk Google Adsense.

Baca Juga: Tips Efektif Meningkatkan Jumlah Followers Instagram

Penutup

Iklan di Instagram memiliki peranan penting untuk dapat meningkatkan exposure dari produk atau brand yang Anda kelola.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, jadi bagi Anda yang baru pertama kali mencoba cara ini tidak perlu khawatir kebingungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *