Apakah Anda sedang mencari cara membuat CV terbaik?
Sebuah curriculum vitae atau CV tentunya menjadi salah satu parameter sebuah perusahaan atau organisasi untuk melihat kepribadian Anda.
Sebuah CV pun harus dibuat semenarik mungkin agar perekrut memberikan kesan positif ketika baru pertama kali bertemu dengan Anda.
Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara membuat CV yang baik dan benar.
Dengan CV yang baik dan benar, tentunya akan menjadi pertimbangan juga bagi perusahaan untuk dapat merekrut Anda.
Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai pengertian dan cara membuat CV yang baik.
Manfaat Curriculum Vitae yang Menarik
Memberikan Kesan Pertama yang Baik
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hampir semua perekrut akan mendapatkan kesan pertama dari Anda melalui CV.
Tentu saja CV yang bagus dan menarik akan mendapatkan kesan pertama yang bagus juga dari perekrut.
Jika dari CV saja isinya tidak terstruktur dan informasinya tidak lengkap, tentunya perekrut juga enggan untuk membaca CV yang Anda kirimkan tersebut.
Maka dari itu penting bagi Anda untuk memahami cara membuat CV lamaran kerja yang baik.
Menunjukan Profesionalitas
Alasan selanjutnya agar Anda perlu membuat curriculum vitae yang baik adalah karena dapat menunjukan profesionalitas.
Dengan curriculum vitae yang baik, tentunya pihak perusahaan menilai Anda adalah orang yang serius ketika melamar di perusahaan tersebut.
Profesionalitas tersebut nantinya dapat diwujudkan di dalam daftar riwayat hidup yang tentunya menjadi salah satu penilaian perusahaan dalam menerima karyawan baru.
Menunjukan Kepribadian Anda
Dalam membuat sebuah CV, tentunya Anda harus membuat tata letak yang menarik agar CV tampak lebih rapi dan mudah dibaca.
Hal ini juga menjadi salah satu penilaian banyak perusahaan karena dapat menunjukan kepribadian Anda, apakah pribadi yang rapi atau tidak teratur.
Membuat CV yang tidak beraturan dan sulit untuk dibaca tentunya membuat perekrut menilai Anda adalah pribadi yang tidak tertata.
Maka dari itu, Anda harus mencoba membuat daftar riwayat hidup yang baik ketika melamar pekerjaan.
Menonjolkan Kemampuan
Salah satu alasan mengapa Anda harus memahami cara membuat CV yang menarik adalah karena CV menjadi media untuk menonjolkan kemampuan yang Anda miliki.
Tentunya di dalam CV Anda tidak hanya akan menampilkan identitas diri, namun juga dapat menampilkan kelebihan yang Anda miliki untuk menjadi penilaian perusahaan.
Walaupun begitu, jangan terlalu berlebihan dalam menonjolkan kemampuan Anda karena dapat menjadi boomerang.
Cara Juga: Cara Membuat Website Gratis Terbaru 2021
Cara Membuat Curriculum Vitae
Melakukan Job Research Terlebih Dahulu
Sebelum membuat CV, Anda perlu melakukan job research untuk mengetahui lebih detail terkait perusahaan yang akan Anda lamar.
Tentunya Anda harus memastikan jika latar belakang pendidikan harus sesuai dengan posisi yang ingin dilamar.
Setelah mengetahui seluk beluk dari perusahaan tersebut, barulah Anda dapat membuat CV yang sesuai dengan kriteria dari perusahaan itu.
Anda dapat menampilkan latar belakang pendidikan dan kemampuan yang dapat menjadi nilai plus bagi perusahaan tersebut.
Mengetahui dengan Baik Isi Daftar Riwayat Hidup
Tentunya semua informasi yang ditampilkan pada CV harus Anda ketahui dengan baik,
Jangan sampai ketika perekrut menanyakan informasi yang ada di CV Anda malah bingung untuk menjawabnya.
Pastikan semua informasi yang ada di dalam CV ditulis dengan jujur dan benar agar Anda juga dapat dengan mudah untuk menjelaskannya.
Anda dapat mengisi identitas diri, keterampilan, atau pengalaman kerja yang dapat menjadi nilai plus bagi diri Anda sendiri.
Review Curriculum Vitae yang Sudah Dibuat
Sebelum menyerahkan CV ke perusahaan yang akan dilamar, Anda perlu mereview CV tersebut terlebih dahulu.
Hal ini diperlukan supaya tidak terjadi kesalahan di dalam CV yang mungkin saja akan mengurangi nilai Anda.
Perhatikan kata-kata yang digunakan, pastikan menggunakan kata-kata yang formal karena CV ini digunakan untuk melamar ke perusahaan.
Pastikan juga tidak ada kesalahan penulisan yang bisa jadi perekrut menilai Anda adalah orang yang tidak detail dalam mengerjakan sesuatu.
Baca Juga: Panduan Belajar Digital Marketing Terlengkap
Menganalisa Curriculum Vitae
Untuk menganalisa sebuah CV, Anda dapat berperan sebagai HRD dan menjadi objektif untuk menilai CV yang Anda buat.
Dengan menggunakan cara tersebut, Anda dapat mengetahui letak kekurangan yang harus diperbaiki sebelum diterima oleh perusahaan.
Anda juga dapat menggunakan bantuan orang lain untuk mengoreksi CV tersebut jika memang masih bingung.
Pastikan jika CV yang sudah Anda buat dapat memberikan informasi kepada perekrut untuk dapat menilai kemampuan yang dapat diberikan untuk perusahaan.
Anda dapat membuat CV dengan berbagai macam media, mulai dari software desain grafis hingga software basic seperti Word.
Cara membuat CV di Word pun cukup mudah dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada di dalamnya.
Nah bagaimana sobat? cara membuat CV ternyata tidak serumit yang Anda bayangkan bukan? Anda hanya perlu mengikuti beberapa tips di atas agar dapat diterima dengan baik oleh perusahaan!
Perlu diingat CV adalah penilaian pertama perusahaan bagi pribadi Anda ketika melamar pekerjaan. Selamat mencoba!