Pada artikel kali ini kami akan membahas cara membuat landing page dan elemen-elemen penting yang harus ada di dalamnya. 

Membuat halaman landing page untuk meningkatkan conversion rate memang bukan hal yang mudah — terutama jika Anda belum memahami praktik terbaik untuk membuatnya. 

Yuk langsung saja kita mulai!

Elemen-elemen Penting Dari Landing Page

Untuk membuat landing page yang sukses, ada beberapa elemen penting yang harus diperhatikan. Berikut beberapa contoh elemen-elemen penting landing page:

  • Headline — elemen pertama yang akan dilihat oleh pengunjung website, jadi pastikan untuk menulis headline yang catchy dan menarik.
  • Product Description — landing page bertujuan untuk menarik perhatian pengunjung website, untuk itu deskripsi produk adalah salah satu elemen penting dari landing page 
  • Clear CTA — call to action adalah salah satu tombol yang digunakan untuk menarik pengunjung Anda melakukan konversi yang Anda inginkan.
  • Social media accounts — integrasi akun sosial media sangat penting dilakukan untuk menambah brand trust dari pengunjung web Anda, ini juga akan memudahkan Anda mendapatkan pengikut di platform sosial Anda.
  • Eye-catching pictures — tujuan dari elemen  landing page adalah untuk menarik pengunjung melakukan konversi, karena itu pastikan halaman Anda mempunyai gambar-gambar yang menarik.

Baca Juga: Web hosting adalah: pengertian, jenis, dan manfaatnya

5 Tips dan Cara Membuat Landing Page Termudah

contoh landing page

 

Nah setelah mengetahui elemen-elemen penting dari landing page, berikut adalah beberapa tips cara membuat landing page dengan mudah dan cepat.

Untuk membuat landing page yang sukses, ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan. Disini kami akan membahas setiap langkah secara detail. Yu, langsung saja kita mulai!

Baca Juga: 3 Rekomendasi Website Builder Terbaik untuk SEO

1. Headline yang Menarik dan Eye-Catching

Headline adalah hal pertama yang akan dilihat pengunjung Anda ketika mereka membuka situs web Anda. Karena itu, penting untuk membuat headline yang menarik.

Judul Anda harus jelas, lugas, dan cukup kuat untuk menarik perhatian pengunjung dan langsung memberitahu mereka informasi lengkap tentang produk atau layanan Anda.

Judul yang baik dan kuat hanya boleh terdiri dari 10-20 kata. Headline harus menarik dan meyakinkan tetapi tidak meningkatkan Anda ingin pengunjung merasa mereka membutuhkan apa yang dapat Anda tawarkan dan bukan sebaliknya.

2. Konten Copy Yang Efektif dan Menonjolkan UPS Anda

USP atau yang dikenal sebagai proposisi penjualan unik digunakan untuk membedakan Anda dari halaman arahan lainnya. Ini harus menjelaskan apa yang membedakan Anda dari pesaing Anda, dan manfaat yang ditawarkan situs web Anda.

Untuk itu, Anda perlu membuat salinan yang ringkas dan persuasif yang langsung menyampaikan nilai jual Anda. Ada beberapa faktor yang membentuk konten copy yang persuasif:

  1. Panjang Konten — panjang salinan menentukan keefektifannya untuk melibatkan dan membujuk pengunjung Anda, membuat teks pendek, sederhana, dan meyakinkan
  2. Gaya Bahasa gaya penulisan salinan Anda juga berperan dalam menarik pengunjung. Anda membutuhkan gaya penulisan yang sesuai untuk audiens target Anda. Gunakan kata “kami” dan “kami” daripada “saya” atau “saya”, dan buat salinannya seramah mungkin
  3. Format yang jelas font dan spasi huruf yang tidak teratur dapat menyebabkan pemformatan yang tidak jelas sehingga mengalihkan perhatian pengunjung dari pesan yang Anda coba sampaikan.

3. Testimonials and Sosial Proof

Bagian di halaman arahan Anda di mana Anda menampilkan komentar dan testimoni pelanggan adalah suatu keharusan. Bagian ini biasanya diisi dengan ulasan yang disorot dari pelanggan untuk membangun lebih banyak kepercayaan.

Ini menunjukkan kepada pengunjung Anda bahwa orang-orang nyata memiliki pengalaman positif dengan apa yang Anda tawarkan dan membantu mereka merasa lebih aman dan terdorong untuk berbisnis dengan Anda.

Ada banyak cara untuk membuat bukti sosial untuk halaman arahan Anda: termasuk testimonial pelanggan, jumlah pendaftaran, dan penghargaan dari organisasi terkemuka adalah beberapa contoh terbaik.

Saat ini, lebih banyak merek menggunakan selebriti dan influencer di situs web mereka untuk menunjukkan relevansi. Semakin “manusiawi” bukti sosial Anda, semakin banyak orang yang dapat mengaitkannya dan memperhatikan apa yang Anda tawarkan.

4.  Tombol Call-to-Action (CTA) yang Kuat

Tombol call-to-action (CTA) adalah yang menghasilkan konversi di halaman arahan Anda. Ini adalah pusat perhatian yang memandu pengunjung Anda untuk melakukan tindakan yang diinginkan.

Ini adalah elemen penting untuk mendorong konversi tinggi dan harus menonjol untuk meningkatkan peluang Anda lebih jauh.

Ada beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan saat membuat tombol call-to-action, salah satunya:

  • Font yang besar dan bisa dibaca  — teks pada tombol ajakan bertindak harus mudah dilihat dan dibaca untuk menarik perhatian.
  • Gunakan kata-kata yang menarik dan mengajak — gunakan kata-kata tindakan seperti “dapatkan”, “coba”, dan “mulai” untuk memberikan gambaran tentang tindakan yang harus dilakukan pengunjung website.
  • Tunjukkan urgensi ini juga akan mendorong orang untuk segera mengambil tindakan daripada menundanya. Anda dapat melakukan ini dengan menawarkan penawaran terbatas waktu.
  • Bermain dengan kontras warna pastikan tombol CTA lebih menonjol dari latar belakang, dengan menggunakan warna kontras. Anda juga bisa bermain-main dengan ruang putih untuk mencapai ini.
  • Fokus pada satu hal jangan membingungkan pengunjung Anda dengan beberapa opsi pada CTA Anda dan fokus pada satu sasaran konversi saja.
  • Grafik yang menarik dan menarik — grafik tombol unik pada CTA Anda akan menarik lebih banyak perhatian dari pengunjung Anda.

5. Tentukan Tujuan Conversion Landing Page

Sebelum Anda membuat landing page, penting untuk menentukan tujuan yang jelas dan menetapkan persentase konversi yang ingin Anda capai.

Sasaran konversi adalah tindakan yang Anda ingin pengunjung lakukan di halaman arahan Anda. Misalnya, jika Anda mencoba membuat daftar email, jumlah keikutsertaan adalah sasaran konversi Anda.

Rasio konversi yang secara realistis bagus adalah sekitar 2% -5%, sedangkan 10% ke atas adalah kasus yang ideal. Untuk menghitungnya, ambil jumlah orang yang melakukan tindakan yang diinginkan dari semua pengunjung Anda di halaman arahan tertentu.

Untuk melacak bagaimana kinerja laman landas Anda, disarankan untuk menggunakan alat seperti Google Analytics. Ini adalah alat gratis yang membantu Anda melacak pengunjung di situs Anda, tindakan mereka, dan waktu yang dihabiskan di halaman.

Terlebih lagi, Google Analytics membantu Anda memisahkan pengunjung menurut demografi dan menyesuaikan konten Anda.

Menentukan tujuan konversi utama Anda akan membantu Anda mengoptimalkan halaman landing page dengan tombol CTA (Ajakan Bertindak) dan penempatan elemen yang tepat.

Apa itu Landing Page?

Sejatinya, ada dua jenis halaman landing page yang sering digunakan oleh brand: long-form dan short-form.

Long-form landing page biasanya memiliki lebih banyak informasi dan konten di dalamnya. Informasi ini bisa berupa deskripsi produk, company’s profile, customers testimoni, dan lain-lain.

Sedangkan, short-form landing page biasanya lebih pendek dan hanya menampilkan produk atau konten secukupnya saja.

Untuk menentukan jenis landing page yang terbaik untuk Anda tergantung pada apa yang brand Anda tawarkan. 

Short-form landing page dengan gambar produk dan deskripsi singkat mungkin cocok untuk produk seperti pakaian, buku, dan jam tangan.

Tapi, jika brand Anda menawarkan produk dan layanan yang lebih rumit dan butuh banyak penjelasan seperti software komputer atau layanan lainnya, long-form landing page lebih cocok untuk Anda.

Tapi jika ingin memutuskan jenis landing page yang mempunyai performa terbaik pada website Anda, lakukan pengujian A/B testing dan lihat jenis landing apa yang memberikan conversion rate lebih banyak.

Tentunya untuk membuat sebuah landing page, Anda memerlukan layanan web hosting terbaik. Untungnya kami punya rekomendasi nih Sobat Infinite!

Qwords.com menyediakan layanan hosting murah yang bisa Anda dapatkan hanya dengan 14 ribuan saja lho! Bukan hanya itu, bahkan semua layanan Qwords dilengkapi dengan 24 jam customer service dan juga 99% uptime!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *