Influencer Adalah: Definsi, Jenis, & Manfaatnya

Influencer adalah orang yang menjalin kerja sama dengan pemilik bisnis dengan cara mempromosikan produk perusahaan.

Keberadaan dirinya bertujuan agar bisa meningkatkan penjualan atau brand awareness sesuai target pasar yang ditentukan oleh perusahaan. 

Perkembangan digital yang ada untuk saat ini justru menghadirkan banyak influencer di sosial media.

Tentu saja hal ini dijadikan sebagai sumber penghasilan. Terlebih lagi semakin banyaknya perusahaan yang membutuhkan seseorang yang bisa mempromosikan produknya dengan maksimal.

Jadi Influencer Adalah?

Influencer adalah seseorang yang dapat memberikan pengaruh di kehidupan masyarakat.

Misalnya seperti YouTuber, Blogger, Selebgram, artis maupun seorang public figure. Secara umum influencer mempunyai jumlah follower di sosial media hingga jutaan. 

Akan tetapi tidak semuanya demikian, karena influencer dengan follower berjumlah ribuan pun juga bisa disebut sebagai influencer.

Namun dengan catatan seseorang tersebut mempunyai pengaruh yang besar kepada para audiensnya. 

Sesuai arti influencer adalah seseorang mempunyai pengaruh dan menjadi kekuatan dari suatu brand yang ditawarkan.

Saat ini banyak para pelaku bisnis yang mengandalkan influencer agar dapat mempromosikan produk yang dijualnya.

Tujuannya agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Dengan jumlah follower yang cukup banyak, maka hal ini mampu menjanjikan bahwa seseorang tersebut dapat diajak bekerja sama untuk mempromosikan produk yang Anda miliki.

Selain ditentukan dari segi jenisnya, ternyata kesuksesan suatu promosi dipengaruhi oleh social media yang digunakan. 

Misalnya saja dari Instagram, Facebook, YouTube, Blogger ataupun yang lainnya. Wajar saja jika sekarang ini banyak influencer yang bermunculan,

Selain mudah dilakukan, menjadi influencer juga bisa mendatangkan pundi-pundi uang dengan sangat cepat.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Blog Paling Ampuh 2021

Jenis Influencer

Ada beberapa jenis influencer, berikut adalah penjelasan singkat tentangnya:

Influencer Mikro 

Jenis influencer mikro merupakan seorang influencer yang mempunyai jumlah follower kisaran 10.000 orang atau di bawahnya.

Dilihat dari segi jumlahnya, mungkin Anda akan berpikir jika menggunakan influencer mikro untuk promosi produk dianggap kurang efektif.

Namun pada kenyataannya, influencer mikro justru mempunyai kekuatan tersendiri dalam keterikatan terhadap followernya.

Kemungkinan konsumen untuk membeli produk dari influencer mikro yaitu mencapai 82%. Alasannya karena mikro mempunyai audience lebih spesifik pada topik atau niche tertentu.

Seorang influencer jenis ini dapat membuat konten lebih relevan sesuai dengan audiens atau followernya. 

Influencer Makro

Seseorang bisa dikatakan sebagai influencer makro apabila mempunyai jumlah followers lebih dari 100.000.

Pada biasanya influencer makro merupakan orang yang dikenal secara luas. Meskipun tidak setenar artis atau selebritis. 

Jenis influencer inilah yang mempunyai potensial dalam mempromosikan produk yang lebih banyak ke semua orang. Sehingga setiap brand yang ditawarkan akan terlihat lebih eksklusif.

 Influencer Premium Top 

Influencer yang mempunyai jumlah follower paling banyak yaitu jenis premium Top. Alasannya karena sudah mempunyai jutaan follower.

Jangkauan pesan influencer premium ini sangatlah luar biasa. Secara umum, orang yang mendapatkan sebutan ini adalah artis papan atas.

Baca Juga: Cara Membuat Website Gratis Terbaru 2021

Manfaat Influencer Bagi Bisnis

Menjadi seorang influencer juga mempunyai banyak manfaat loh! Apa saja? Yuk langsung saja kita lihat!

Produk yang Anda Jual Menjadi Pusat Perhatian 

Manfaat pertama yang bisa diperoleh jika menggunakan influencer yaitu setiap produk Anda menjadi pusat perhatian. Hal ini dikarenakan pada setiap aktivitas influencer seringkali menjadi pusat perhatian para followernya. 

Untuk itu inilah alasan banyak para perusahaan ternama maupun perusahaan yang baru merintis bisnisnya menggunakan bantuan influencer. 

Konsumen Merasa Lebih Percaya 

Mempromosikan produk secara konvensional tentunya akan membutuhkan banyak waktu. Selain itu juga tidak semua konsumen bisa langsung mempercayainya.

Untuk itu dengan bantuan public figure menjadikan para konsumen merasa lebih yakin terhadap produk yang Anda promosikan.

Tentu saja hal ini karena influencer mempunyai pengalaman maupun keahlian dalam bidang tertentu.

Kehadiran public figure yang menggunakan produk Anda maka lebih memudahkan followernya agar merasa percaya terhadap produk yang Anda jual. 

Hampir 50% dari konsumen melakukan pembelian suatu produk setelah melihat postingan dari publik tersebut. terlebih lagi jika influencer adalah seseorang yang memiliki banyak fans. 

Baca Juga: Panduan Cara Membuat CV Terbaik 2021

Mendongkrak Angka Penjualan 

Penjualan Anda semakin meningkat apabila semakin banyak orang yang mengenal produk Anda.

Setiap pelaku bisnis pastinya menginginkan angka penjualan yang fantastis. Bahkan berbagai cara pun rela dilakukannya supaya bisa memperoleh keuntungan secara maksimal. 

Oleh karena itu manfaat yang bisa diperoleh apabila menggunakan jasa public figure dapat cepat mendongkrak angka penjualan produk. 

Dapat Menjangkau Banyak Konsumen 

Bukan rahasia lagi bahwa seseorang yang sangat mendukung terhadap berjalannya bisnis ini mampu mempengaruhi konsumen dengan lebih mudah.

Meskipun sebagian besar dari pelaku bisnis sudah melakukan berbagai cara untuk melakukan promosi. 

Misalnya melalui media cetak, iklan, elektronik maupun yang lainnya. Namun dirasa hal tersebut kurang karena tidak adanya testimoni atau bukti nyata dari orang yang berpengaruh atau influencer. 

Apabila proses pemasaran menggunakan influencer, tentunya konsumen yang terjangkau pun lebih banyak. Baik itu melalui YouTube, blog, sosial media ataupun yang lainnya. 

Membangun Kedekatan Bersama Konsumen 

Secara tidak langsung penggunaan public figur dapat membangun kedekatan antara brand dengan konsumen.

Anda sebagai pengguna jasa public figure harus menentukan pilihan orang yang cocok terhadap target pasar produk yang Anda tawarkan. 

Cara untuk membangun kedekatan yaitu dengan menggunakan public figure yang benar-benar menyukai produk Anda.

Jenis influencer premium belum bisa dipastikan memberi jaminan kesuksesan, karena mengingat bahwa kemungkinan ada sejumlah follower palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *